20 Fitur Terbaru MIUI 9 Yang Harus Kamu Tahu!

20 Fitur Terbaru MIUI 9 Yang Keren Banget, Cekidot Gan!


20 Fitur Terbaru MiUI 9 Yang Keren Banget | ramaiviral.com – MiUI 9 dengan slogan “Lighting Fast” -nya yang baru saja dirilis pada tanggal 26 Juli 2017 tentunya sedang dinanti-nanti oleh pada Mi Fans di seluruh dunia. Karena kabarnya, MIUI 9 akan menawarkan peningkatan performa dan pengalaman pengguna (user experience) yang baik dalam hal stabilitas, smoothness dan juga penghematan baterai.
Hal ini tak lepas dari kerja keras para developers handal dari Xiaomi yang telah menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk melakukan pengoptimalan sistem pada MIUI 9 ini.
Mau tau apa saja fitur terbaru yang ada di MIUI 9?
Simak ulasan berikut..

20 Fitur Terbaru Di MIUI 9 Yang Harus Kamu Tahu!


#1. System Optimizations

Bukan rahasia lagi bahwa MIUI selalu haus akan penggunaan sumber daya yang tinggi. Oleh karena itu, dengan MIUI 9 yang pada umumnya berbasis Android Nougat ini, developers MIUI lebih banyak fokus pada pengoptimalan kinerja ROM.
Ada beberapa perubahan yang telah disisipkan agar MIUI terasa lebih cepat dan responsif.

Pembaruan pada Sumber Daya Dinamis (Dynamic Resources) yang akan mengatur sumber daya perangkat keras  (hardware) ke aplikasi tergantung dari kebutuhan aplikasi. Jadi jika aplikasi butuh sumber daya yang tinggi, maka hardware akan bekerja lebih optimal untuk menyuplai kebutuhan aplikasi, begitu juga sebaliknya.
Waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi juga diperkirakan akan lebih cepat dengan adanya Infrontilt Launch Acceleration.
Fitur ini dengan segera akan meningkatkan sumber daya ke aplikasi yang akan dijalankan sehingga aplikasi akan berjalan lebih cepat.
Selain itu, banyak optimasi yang telah dilakukan untuk mengurangi sumber daya pemrosesan aplikasi yang berjalan di belakang (Background Process). Artinya di MIUI 9, aplikasi yang berjalan di belakang tidak akan menghabiskan banyak sumber daya. Optimasi lainnya tak luput dari pembersihan otomatis, manajemen cache, dan akselerasi nirkabel.
Jika semuanya berjalan seperti yang dirumorkan, maka MIUI 9 akan membawa perubahan kinerja yang jauh lebih baik daripada pendahulunya. Bahkan dalam beberapa versi beta build yang telah saya coba, sepertinya MIUI 9 memang benar-benar menjanjikan pengalaman yang baru bagi penggunanya.

#2. Split Screen Multitasking


Fitur terbaru lainnya adalah MIUI 9 sudah mengusung fitur multitasking yang sudah lama dinantikan oleh para pengguna Android.
Fitur Split Screen ini sebenarnya bukan teknologi baru, telah ada sebelumnya pada smartphone high end Samsung. Namun kini, kamu bisa menikmati fitur ini agar bisa melakukan suatu tugas secara bersamaan sehingga lebih produktif dan menyenangkan.

#3. Kostumasi HomeScreen


Salah satu bagian yang memperoleh perubahan pada update MIUI 9 adalah bagian Home Screen. Perubahan disini adalah perubahan dalam hal visual dan fungsional dari Home Screen. Mode pengeditan di Home Screen telah didesain ulang dan fungsi pengaturan ikon dioptimalkan untuk memberikan pengguna mode edit yang lebih cerdas dan lebih nyaman.
Menu pada bagian bawah juga dikurangi menjadi tiga saja, yaitu Wallpaper, Widget dan Pengaturan Home Screen. Salah satu perubahan yang terlihat adalah bagaimana cara pengguna memindahkan beberapa aplikasi secara bersamaan.
Di MIUI 9, kamu dapat menarik beberapa aplikasi dan mengaturnya baik dengan meng-uninstall atau membuat folder untuk semuanya. Preview yang mewakili semua halaman Home Screen akan ditampilkan pada bagian bawah layar.
Panel pengaturan (Settings) saat ini terlihat jauh lebih halus dan mudah dinavigasi. Semuanya terlihat minimalis dan elegan.

Di panel pengaturan (Settings), kamu mendapatkan opsi untuk mengunci layar. Setelah mengunci layar, kamu tidak dapat memindahkan aplikasi dari layar tersebut.
Saat mengetuk “Lainnya”, kamu akan mendapatkan opsi untuk mengganti Launcher default kamu. Ini merupakan perubahan yang sangat baik, sama seperti sebelumnya, mengubah Launcher default yang digunakan menjadi salah satu tugas paling menantang pada ROM MIUI.
Kesimpulannya, Home Screen MiUI 9 jauh lebih user-friendly dan lebih clean.

#4. Filter Notifikasi dan Quick Reply


Filter notifikasi menyimpan notifikasi yang tidak penting agar tidak mengganggu kamu. Fitur ini mempelajari perilaku pengguna berdasarkan pembelajaran sistem yang secara otomatis akan menentukan tingkat prioritas notifikasi yang diterima.
Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengelompokkan pemberitahuan bersama-sama, yang dianggap tidak penting bagi kamu. Semua pemberitahuan tersebut akan dikelompokkan dalam satu pemberitahuan dan akan dinonaktifkan.
Jadi kamu tidak akan terganggu apabila menerima notifikasi yang tidak penting.

Ada juga Quick Reply, yang memungkinkan kamu membalas pesan langsung dari notifikasi tanpa harus masuk ke aplikasi jika hanya untuk mengirim balasan. Cukup tarik dengan dua jari, maka kamu akan melihat opsi untuk mengirim balasan.
Selain itu, kamu dapat membalas pemberitahuan tanpa membuka aplikasi atau membuka kunci telepon. Hal ini mirip seperti di iPhone Apple dimana penggunanya bisa membalas langsung dari pemberitahuan pannel.

#5. Lock Screen Shortcut


Sekilas, lock screen MIUI 9 terlihat mirip dengan versi ROM sebelumnya, namun ternyata berbeda.
Scroll dari kiri ke kanan pada lock screen, maka kamu akan menemukan halaman baru yang menunjukkan semua perangkat yang terhubung dengan Xiaomi seperti Mi Home dan Mi Remote.
Ada juga ikon senter yang mungkin berguna dalam situasi tertentu.

#6. Security App Enhancements

Aplikasi Security hadir di MIUI selalu menjadi salah satu fitur terbaru MiUI 9 yang keren banget. Dengan MIUI 9, aplikasi ini menjadi lebih baik lagi dari versi sebelumnya.


Sekarang, kamu mendapatkan lebih banyak fitur seperti Boost speed, Dual appsSecond space, dan App lock, Deep clean dan lainnya.
Tapi perubahan terbaik pada aplikasi Security ada di sub menu “Kelola aplikasi”.
Kamu dapat memanfaatkan Kelola aplikasi untuk melihat semua aplikasi yang terpasang pada Xiaomi kamu.

Tata letaknya sekarang sangat bersih dan mudah dibaca. Informasi yang paling penting akan ditampilkan pada halaman depan sehingga memungkinkan kamu untuk melihatnya secara sekilas.
Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengetuk aplikasi yang kamu inginkan untuk menampilkan setiap detail dari aplikasi tersebut.

#7. Smart Asistent

Fitur terbaru MiUI 9 yang paling keren banget mungkin adalah integrasi dari Smart Assistant. Fitur ini mengemas semua fitur yang biasa menjadi AI (Artificial Intelligence) yang cerdas. Dengan Smart Asisten, kamu bisa mencari foto, pesan teks, email, notes, web dan lainnya dengan mudah.

Kamu dapat mengakses Smart Asistent dengan menggesek kiri ke kanan pada Home Screen. Panel ini juga bertindak sebagai hub yang cerdas, memberi kamu akses ke semua informasi penting di satu tempat.
Contohnya seperti halaman Google Now.
Plus, fitur fitur pencarian universal, yang memungkinkan kamu mencari hampir semua hal pada perangkat.

#8. Message

Penggunaan SMS telah menurun seiring dengan munculnya aplikasi messenger gratis yang populer dan menawarkan lebih banyak fitur seperti WhatsApp atau Telegram.
Kebanyakan SMS saat ini digunakan One-Time Password untuk verifikasi telepon, email dan akun penting lainnya.

Di MIUI 9, antarmuka Message telah berubah. Xiaomi memperkenalkan Notification Group. Fitur ini akan mengidentifikasi dan mengelompokkan kode verifikasi untuk SMS serta notifikasi iklan dari provider yang sering mengganggu.

#9. Silent Mode dan Sleeping Mode


Ada tombol untuk mengaktifkan mode senyap pada saat kamu menekan tombol volume.

Saat ini kamu bisa beralih dari Mode Silent ke Do Not Disturb dengan satu klik. Mode Silent akan membuat semua panggilan menjadi silent, namun alert, dan notifikasi tapi tetap memberikan notifikasi dengan bergetar.
Kamu dapat mengatur jadwal kapan mode Silent dan Do Not Disturb menjadi nonaktfi secara otomatis mulai dari 30 menit, 1 jam, 2 jam atau 8 jam.
Sementara Sleeping Mode khusus digunakan untuk meningkatkan masa pakai baterai Xiaomi kamu. Dengan mode ini, kamu bisa menghemat banyak daya baterai dan mengelola uptime aplikasi dan menghentikan aplikasi yang sedang tidak digunakan dan berjalan di belakang.
Dengan cara seperti ini, maka smartphone kamu akan memiliki daya tahan baterai yang lebih lama, pemrosesan yang lebih cepat karena RAM yang lega.
Di Xiaomi MIUI 9 Nougat, pada saat kamu membiarkan smartphone kamu dan tidak terseduh dalam beberapa lama, maka smartphone akan masuk ke mode hibernasi sehingga penghematan baterai lebih optimal.

#10. One Tap Login

Dengan MIUI 9, kamu dapat dengan mudah mendaftar dan login ke Mi Account hanya dengan sekali ketuk tanpa menggunakan kata sandi dan username. Kamu akan melihat sebuah kotak pemberitahuan untuk menggunakan satu ketuk login dengan pilihan untuk tidak memasukkan email atau nomor telepon dan kata sandi pada saat login berikutnya.
Jika kamu belum mempunyai Akun Mi, maka nomor ponsel yang kamu gunakan saat ini akan ditawarkan untuk membuat Mi Account secara otomatis.

#11. Control And Gesture

Dengan control dan gesture terbaru dari MiUI 9, kamu dapat mengakses berbagai shortcut dengan menggunakan tombol dan isyarat di MIUI.
Tiga jari gesek ke bawah untuk mengambil screenshot, gesek ke atas untuk mengaktifkan pencarian, dua jari mencubit masuk untuk memasuki mode edit mode layar dan masih banyak lagi.
Kamu dapat menyesuaikan dan mengakses semua pengaturan ini di satu tempat.

#12. Instant App

Aplikasi instant memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi seketika, tanpa penginstalan. Saat ini, Xiaomi sedang mengerjakan lebih banyak aplikasi pihak ketiga untuk mendukung fitur ini.

#13. Fitur yang Diubah dan Disederhanakan

Update ROM MIUI telah dilakukan terus menerus sejak 340 minggu yang lalu. Akhirnya fitur pada ROM MiUI semakin banyak dan mengakibatkan semakin besarnya ukuran ROM yang ada saat ini.
Dan ternyata..
Banyak dari fitur-fitur tersebut yang jarang digunakan. Contohnya seperti Child ModeWiWide (menyediakan jaringan wifi umum ke toko dan restoran di China)Contact CardShowtime (Caller Profile Video) dan banyak lagi.
Maka pada MiUI 9, fitur ini dihilangkan.
Pengembang MIUI memutuskan untuk menyederhanakan lebih dari 50 fitur dan mengoptimalkan ROM dengan menghapus aplikasi-aplikasi tersebut.

#14. Peningkatan Data Saver

Jika kamu sudah pernah menggunakan iPhone, maka fitur Data Saver ini sama fungsinya dengan “Background App Refresh” pada iPhone.
Dengan Data Saver pada MiUI 9, kamu bisa mengendalikan aplikasi apa saja yang berjalan di belakang dan menyedot kuota internet kamu.

#15. Smart App Launcher

Smart App Launcher bertujuan untuk membantu kamu beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya berdasarkan informasi di layar dengan cepat.

Misalkan kamu sedang menggunakan aplikasi tertentu, dan membutuhkan Smart App Launcher, maka Launcher akan membaca informasi di layar dan akan menunjukkan rekomendasi untuk aplikasi yang mungkin ingin kamu buka.
Dengan begitu, kamu tidak perlu masuk ke Home Screen dan mencari aplikasi yang ingin kamu buka. Smart App Launcher akan cukup pintar untuk menyarankan aplikasi yang sedang ini kamu buka berikutnya dengan cara menunjukkan beberapa informasi relevan yang terkait dengan apa pun yang ada di layar smartphone kamu.
Bisa dibilang, itu sedikit mirip Google Now on Tap alias fitur Screen Search. Namun, fitur tersebut dikatakan fitur eksklusif China, jadi kami tidak bisa mencobanya di Mi 6 atau Redmi Note 4.

#16. Image Search

Dengan Image Search, kamu dapat mencari foto untuk orang, lokasi, ekspresi, acara, dokumen, tangkapan layar, dan banyak lagi melalui Gallery.

#17. New Animations across the whole UI

Selain perbaikan sistem yang membuat ROM super cepat, animasi baru yang diperkenalkan di MIUI 9 juga membuat ROM terasa mantap. Animasi menjadi lancar dan mulus.
Perubahan tampilan juga terlihat pada icon-icon baru yang lebih menarik.

#18. New Themes

MIUI 9 memperkenalkan 3 tema baru yaitu No Boundary, Color Fantasy, dan, Cool Black.
Semuanya terliha sangat bagus. Saya sangat menyukai tema Cool Black yang gelap, yang menampilkan latar belakang gelap yang elegan.
Selain ketiga tema di atas, tentunya kamu bisa menggunakan tema sendiri atau mengunduhnya di Themes Store sesuai yang kamu inginkan.

#19. MIUI Lab

Xiaomi memperkenalkan fitur terbaru pada MIUI 9 yang disebut laboratorium MIUI. Pada saat menulis artikel ini, tidak banyak yang bisa kamu lakukan di dalam lab.
Tapi nantinya, lab dianggap memiliki fitur eksperimental untuk MIUI, yang dapat diuji oleh pengguna, jika mereka menginginkannya.
Terus terang, saya belum memiliki pemahaman yang jelas tentang fitur ini, tapi ini adalah sesuatu yang harus diperhatikan di masa mendatang. Kamu dapat mengakses lab MIUI di dalam menu pengaturan utama smartphone kamu.

#20. VPN selalu aktif & Fitur Pemutar Panggilan

Fitur ini akan mencegah agar panggilan ditolak muncul di log notifikasi. Sedangkan fitur pemutaran panggilan akan membiarkan kamu memblokir penelepon dan nomor yang tidak diinginkan.

Berikut ini daftar Smartphone yang akan segera mendapatkan update MiUI 9

Meski sudah resmi diperkenalkan ke publik, Xiaomi belum mengungkap jadwal peluncuran sistem operasinya ini di seluruh dunia. Sampai sekarang, MIUI 9 baru tersedia di wilayah Tiongkok.
Adapun daftar perangkat Xiaomi yang dipastikan kebagian MIUI 9 adalah :
  • Xiaomi Mi 6,
  • Xiaomi Mi 5c,
  • Xiaomi Mi 5,
  • Xiaomi Mi 4S,
  • Xiaomi Mi 4C,
  • Xiaomi Mi 4,
  • Xiaomi Mi 2,
  • Xiaomi Mi 2,
  • Xiaomi Mi MIX,
  • Xiaomi Mi Max 2,
  • Xiaomi Mi Max,
  • Xiaomi Mi Note 2,
  • Xiaomi Mi Note Pro,
  • Xiaomi Mi Note,
  • Xiaomi Mi Pad 3,
  • Xiaomi Mi Pad 2, dan
  • Xiaomi Mi Pad.
Sementara seri Redmi yang menerima pembaruan ini adalah Redmi 4X, Redmi 4A, Redmi 3S, Redmi 3X, Redmi 3, Redmi 2A, Redmi 2, Redmi 1S, dan Redmi 1.
Di postingan resmi forum MIUI yang baru saja diluncurkan Xiaomi Mi 5s dan Xiaomi Mi 5s Plus tidak disebutkan. Menurut kabar, Xiaomi akan menggulirkan MIUI 9 secara bertahap dalam beberapa bulan mendatang.
Jika smartphone kamu belum termasuk daftar yang menerima update, jangan khawatir.. Secara b bertahap Xiaomi akan memberikan update ke seluruh jajaran smartphone yang dimilikinya.
Jika kamu ingin mengupdate device kamu ke ROM MIUI 9 Global Stable, baca artikel Akhirnya Dirilis! Begini Cara Update ROM MIUI 9 Global Stable Xiaomi.
Semoga bermanfaat..!
referensi :http://en.miui.com/thread-423904-1-1.html;
https://beebom.com/best-new-miui-9-features/;
http://en.miui.com/thread-722755-1-1.html.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Fitur Terbaru MIUI 9 Yang Harus Kamu Tahu!"

Post a Comment

close