astaga !!! disnaker prabumulih terkejut jumlah pencari kerja tahun 2017 naik 2 kali lipat







Dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah pencari kerja (pencaker) sejak Januari hingga Juni ini mengalami peningkatan nyaris dua kali lipat. Di mana jumlah pencaker pada tahun lalu terhitung sejak Januari hingga Juni hanya 208 orang pencaker, sedangkan tahun ini naik menjadi 304 orang pencaker.
Kabid Penempatan Tenaga (Penta) Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Akhmad Afriyandi SH menjelaskan, dibandingkan priode Juli tahun lalu yang hanya tercatat sekitar 25 orang pencaker maka priode ini jumlah pencaker yang sekitar 109 orang jelas naik menunjukkan peningkatan drastic.


“Memang pencaker kita dari pembuatan AK-1 atau kartu kuning mengalami kenaikan yang cukup signifikan tahun ini,” jelasnya di ruang kerjanya kemarin (31/7).
Yandi menerangkan, meningkatnya jumlah pencaker dipengaruhi beberapa faktor di antaranya penerimaan kerja di sejumlah perusahaan dan juga BUMN yang membuka lowongan kerja (loker). Seperti; PT KAI, Kemenhum dan HAM, Pertamina, dan lain-lain.
“Pencaker sejauh ini didominasi lulusan SMA/SMK sebanyak 60 persen, dan 40 persen lulusan sarjana. Kita minta pencaker yang belum buat AK-1, untuk membuatnya,” kata dia.
Terpisah, Kadisnaker, H Zulkifli AB SE MM menyebutkan, pencaker wajib membuat AK-1 atau kartu kuning. Karena, banyak perusahaan yang memintanya sebagai syarat. Selain itu, kalau sudah bekerja harus melaporkan kembali kepada pihaknya.
“AK-1 wajib diperpanjang setiap 6 bulan sekali, memang jumlah pencaker mengalami peningkatan signifikan tahun ini. Terlihat dari banyaknya pembuatan AK-1,” tandasnya
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==