DARURAT ISIS . polisi rutin jalankan razia


Jajaran Polres Prabumulih kini makin memperketat keamanan menyusul penangkapan seorang simpatisan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim Sabtu (8/7) lalu.

Sekadar mengingatkan, jajaran Polsek Gelumbang akhir pekan lalu menangkap seorang pria bernama Toni Rianda (24) yang diduga sebagai simpatisan ISIS. Pria asal Jalan Sembilang No 66 karet RT 005 RW 004 Pekanbaru ditangkap saat menumpang bus AKDP Juwta bernomor polisi BG 7713 AU dari Muara Enim tujuan Palembang. Setelah diamankan, Toni langsung dibawa ke Polda Sumsel untuk pengamanan.


Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kabag Ops, Kompol Andi Supriadi SH SIk MH mengungkapkan, pengerahan pasukan di semua lini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.
“Jadi untuk semua personel Polres saat ini kita siagakan dan melakukan patroli rutin selama 24 jam penuh hingga ke pelosok-pelosok dalam kota Prabumulih ini. Semua ini untuk menciptakan situasi kamtibmas Prabumulih aman,” ujar Kompol Andi Supriadi dibincangi, kemarin (9/7).


Di samping itu, kata Andi, sebagai antisipasi adanya pendatang gelap pihaknya juga melaksanakan razia sejumlah bus yang melintas di kawasan jalan Jenderal Sudirman. Selain memeriksa identitas penumpang, petugas juga mengintensifkan barang bawaan baik yang berada di tempat penumpang maupun bagasi bus.


“Target pemeriksaan ini menyasar khususnya bus-bus yang masuk wilayah kota Prabumulih. Baik bus umum AKAP maupun bus Pariwisata kita periksa semuanya,” terang dia.


Lebih lanjut disampaikan Andi, pihaknya juga lebih mengedepan para Bhabinkkamtibmas yang tersebar di 37 Desa dan Kelurahan yang ada di Kota Prabumulih dengan terus mengajak atau mengimbau masyarakatnya untuk peduli dengan kamtibmas di lingkungan tempat tinggal mereka.



“Kita juga imbau warga masyarakat jika ada warga atau pendatang baru di sekitar tempat tinggal mereka agar diingatkan untuk melapor kepada ketua RT atau RW setempat, selain itu jika ada orang tidak dikenal (OTD) yang mencurigakan di lingkgungan sekitar agar segera laporkan ke petugas kepolisian,” harapnya.


Waspada di tengah masyarakat, lanjut Kabag Ops, perlu juga dilakukan oleh warga untuk mengantisipasi masuknya hal-hal tidak diinginkan termasuk orang-orang yang membawa paham radikal. “Itu semua harus kita hindari bersama termasuk para pelaku tindak pindana maupun terorisme jangan dibiarkan masuk di Prabumulih,” tandasnya.


Sekedar mengingat, salah seorang terduga simpatisan ISIS yakni Toni Rianda (24) warga Jalan Sembilang No.66 Karet Pekanbaru, Sabtu (8/7) sore sekitar pukul 15.45 WIB berhasil diamankan petugas Polsek Gelumbang saat menggelar razia di kawasanan jalan.


Saat itu, pelaku tersebut diketahui menjadi penumpang bus Juwita nopol BG 7713 AU yang disupiri oleh Heriyanto (48) warga Jalan Sentosa Talang Beti RT33 RW08 Kelurahan Silaberanti Kelurahan 8 Ulu Palembang yang melintasi Jalan Prabumulih-Palembang tepatnya di wilayah Kecamatan Gelumbang, Muara Enim. Nah,pada saat melintas tepat di depan Mapolsek Gelumbang bus tersebut dihentikan oleh petugas polsek kemudian dilakukan pemeriksaan didalam kendaraan tersebut.



Terduga simpatisan ISIS itupun ditangkap dengan posisi duduk dibagian depan sebelah kiri mobil atau tepat disamping tempat duduk supir bus. Hingga kemudian, terduga pelaku itu langsung dibawa turun dari Bus dan diamankan di Mapolsek Gelumbang. Dan sekitar pukul 17.00 WIB, terduga simpatisan ISIS itupun langsung dibawa petugas ke Mapolda Sumsel guna dilakukan pemeriksaan secara intensif. 


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==