Para remaja pemabuk obat komix di bubarkan aparat



Tim gabungan tim SOC Polres Prabumulih kembali membubarkan sekelompok pemuda saat tengah asyik nongkrong di kawasan Taman Kota Prabu Jaya Kelurahan Prabu Jaya Kecamatan Prabumulih Timur, Sabtu malam (8/7) sekitar pukul 23.00 WIB.

Para pemuda tersebut dibubarkan karena diduga tengah asyik mabuk dengan menenggak obat batuk jenis Komix dalam jumlah yang banyak.


Tak hanya itu, petugas pun menemukan satu unit sepeda motor jenis Honda Vario warna hitam nopol BG 6440 CI serta satu unit sepeda motor Kawasaki Ninja warna hitam tanpa plat nopol yang di tinggal pemiliknya di lokasi belakang GOR Prabu Jaya.
Selanjutnya, sejumlah pemuda tersebut diberikan pembinaan oleh polisi serta diperingatkan dan berjanji agar tidak mengulanginya kembali. Sementara, dua unit sepeda motor itupun diamankan petugas dengan membawanya ke Mapolres Prabumulih.


Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kabag Ops, Kompol Andi Supriadi SH SIk MH mengatakan, tim SOC kembali melaksanakan patroli hunting dengan rute mulai dari Polsek Prabumulih Barat- Simpang Bawah Kemang- Jalan M Yamin- Jalan Mayor Iskandar- Taman Kota Prabu Jaya- Kantor Bank Sumselbabel.


“Pelaksanaan patroli hunting antisipasi tindak pidana dengan sasaran 3C, peredaran narkoba, senpi dan sajam secara mobile di sejumlah lokasi kawasan. Dan juga razia terhadap kendaraan roda empat di jalan juga dilakukan dengan memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan dan menggeledah badan serta barang-barang yg di bawa,” ujar Kompol Andi Supriadi, kemarin (9/7).


Disampaikan Kabag Ops, dalam hasilo kegiatan hunting tersebut, pihaknya berhasil menemukan perkumpulan sejumlah remaja di kawasan Taman kota di Prabu Jaya yang sedang mengkonsumsi obat batuk jenis komix yang di campur dengan minuman jenis Panther yang dapat menyebabkan seseorang mabuk.


“Selain suka menghisap lem, saat ini anak remaja yang alay lagi trend sekarang ini banyak yang mengkonsumsi obat batuk cair mrek Komix secara berlebihan yang agar bisa mabuk. Obat yang diperuntungkan untuk mengobati batuk ini malah disalah gunakan oleh anak remaja kita,” kata dia seraya mengatakan tentunya pasti apabila dikonsumsi secara berlebihan.


Menurut dia, sejumlah remaja yang ditemukan pihaknya tersebut hanya diberikan arahan dan pembinaan agar tidak mengulangi hal tersebut kembali. Sebab, selain usianya masih dibawah umur, peraturan hukum dan undang-undangnya pun belum diberlakukan. “Tapi hal ini harus kita waspadai bersama, sebab bila dibiarkan akan sangat merusak generasi remaja,” imbuhnya.


Lebih lanjut dikatakan Kabag Ops, jika dalam mengkonsumsi obat batuk Komix dengan jumlah besar akan mengakibatkan si pengkonsumsi menjadi mabuk dan fly. Oleh karenanya, kata Andi, pihaknya berharap agar semua pihak dapat menjadikan hal ini perhatian bersama untuk menyelamatkan para generasi muda di kota Prabumulih ini.


“Jika terus menerus mengkonsumsi berlebihan ini akan mengakibatkan kematian, karena obat batuk komix mengandung dextromethorpan yang terdiri dari campuran obat itu,” tandasnya seraya menuturkan namanya juga obat kimia yang jelas jelas ada dosis tertentu untuk menyembuhkan batuk lah ini dipakai berlebihan hanya untuk mendapatkan efek mabuk.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==