Polisi Tilang mobil batu bara yang bandel




Sekitar 80 angkutan batu bara maupun truk logging pengangkut kayu (31/7) terjaring razia Sat Lantas Polres Prabumulih. Angkutan yang terjaring razia ini adalah kendaraan berat yang melintas di jalan Lingkar Timur (Jalingtim) melebihi jam operasional yakni pukul 06.00-18.00 WIB.

Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Lantas, AKP Nofrizal Dwiyanto SH mengatakan, angkutan batu bara dan truk fuso kayu tersebut sudah banyak yang melanggar aturan jam operasional melintasi jalan umum yang sudah ditetapkan pemerintah.


“Masih saja supir-supir angkutan batu bara maupun truk fuso bermuatan kayu log melintas di kota ini sampai siang hari,” ungkap AKP Nofrizal di sela razia di jalan Jendral Sudirman simpang Tugu Air Mancur.
Ia menuturkan jika truk-truk angkutan tersebut meresakan masyarakat karena banyak sekali debu yang diakibatkan truk yang melintas dan yang paling parah dapat merusak jalan lintas hingga membuat kemacetan puluhan kilo meter.


“Sejak lebih dari pukul jam 6 pagi tadi hingga siang ini (kemarin, red) sudah ada sekitar 80an truk angkutan baik batu bara maupun kayu masih membandel untuk melintas. Padahal kan ini sudah ada aturanya melintasi jalan umum dibolehkan mulai pukul 18:00 WIB sore hingga pukul 06:00 WIB pagi harinya,” kata dia.


Oleh karenanya, sambung Nofrizal, pihaknya mengambil langkah tegas dengan melakukan penilangan terhadap terhadap supir angkutan yang melanggar aturan tersebut. “Makanya, kita ambil tindakan penilangan kepada mereka sebagai efek jera sehingga para angkutan batu bara ini supay dapat mematuhi peraturan yang telah disepakati,” tegas Nofrizal.


Lebih lanjut disampaikan Kasat Lantas, banyak sekali kendaraan batu bara yang melintas pada siang hari khususnya jalanan umum kawasan kota nanas saat ini pun, dapat menimbulkan stigma buruk dari warga masyarakat kepada aparat kepolisian.
“Dan jika dibiarkan terus seperti ini, pasti membuat masyarakat berpikir kita (Satlantas) tidak bertindak dan terus membiarkan itu terjadi padahal sudah dilakukan penanganan setiap hari, tapi masih tetap angkutan itu bandel melintas siang hari,” tandasnya.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==