5 Mineral Bumi Langka yang Mungkin Belum Anda Ketahui

5 Mineral Bumi Langka yang Mungkin Belum Anda Ketahui
Para ahli sedang mengeksplorasi dasar laut untuk mineralbumi langka ini (Source: born2invest.com)


Mineral bumi langka ini ditemukan di kerak bumi dalam bentuk unsur kimia. Mereka sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari karena mereka digunakan dalam pembuatan bahan elektronik, komputer dan jaringan, komunikasi, energi bersih, transportasi, perawatan kesehatan, dan pertahanan nasional. 

Berikut adalah lima mineral langka esensial yang perlu Anda ketahui:


5. Skandium

Pertama adalah skandium. Mineral tanah langka ini strukturnya begitu lunak dan memiliki tiga kali densitas air. Mineral Ini digunakan di televisi dan lampu neon. Penggunaan skandium utama adalah untuk mendukung senyawa logam. Hal ini dapat ditemukan di Skandinavia dan Madagaskar. Karena banyak kegunaannya, harganya per kilogram dalam bentuknya yang paling murni sama dengan beberapa ratus ribu dolar. Namun, para ahli menduga skandium mungkin bersifat karsinogenik.

4. Yttrium

Yttrium adalah logam transisi dengan kilau perak. Ini digunakan dalam laser, superkonduktor, dan obat-obatan untuk kanker dan arthritis. Menurut Rare Earth Tech Alliance, mineral ini juga digunakan di televisi berwarna dan lensa kamera. Yttrium banyak ditemukan di bulan yang dibuktikan dengan sampel batu dari misi Apollo.

5 Mineral Bumi Langka yang Mungkin Belum Anda Ketahui
Mineral bumi langka ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. (Foto dari Brücke-Osteuropa via Wikimedia Commons

3. Cerium

Cerium ditemukan pada tahun 1803 dan dinamai menurut nama planet Ceres. Ini adalah mineral yang paling banyak melimpah di dunia. Cerium berguna untuk memperbaiki sistem pembuangan untuk mengurangi emisi, pemolesan presisi gas, dan pencahayaan busur karbon. Ini sangat reaktif dan mudah dibentuk dan juga bisa digunakan untuk pembuatan korek api.

2. Neodymium

Neodymium merupakan unsur penting dalam membuat magnet ultra kuat. Pada gilirannya, magnet ini sangat penting dalam membangun pesawat terbang, kendaraan, headphone, mikrofon dan cakram komputer. Ditemukan pada tahun 1841, Neodymium dapat ditambang dari garamnya melalui teknik pertukaran ion atau teknik ekstraksi pelarut.

1. Thulium

Akhirnya, ada thulium. Ini adalah salah satu yang paling langka di antara mineral bumi langka yang telah ViralNetTV sebutkan tadi. Digunakan  untuk produksi laser dan perangkat x-ray portabel. Ini juga bisa digunakan dalam pertahanan, pengobatan, dan meteorologi. Namanya berasal dari Thule, yang merupakan nama asli Skandinavia. Ini membawa tingkat racun tinggi sehingga para ahli menyarankan penanganan yang benar saat menggunakannya.

Menurut BBC News, beberapa mineral bumi langka ini mudah ditemukan. Namun, penambangan itu bisa menjadi tantangan tersendiri. Selain itu, dengan meningkatnya permintaan, pasokan diperkirakan akan segera habis. Daerah lain yang diteliti sebagai produsennya mungkin berada di dasar samudra.

Seperti diberitakan di Japan Times, rencana ini disambut dengan tentangan karena akan mendatangkan malapetaka di dasar laut yang murni. Namun, Profesor Universitas Yale, Thomas Graedel mengklaim bahwa tindakan tersebut kemungkinan tidak dapat dihindari. "Jika perkembangan global berjalan dengan kecepatan saat ini, pasokan sumber daya berbasis lahan tradisional dapat ditantang untuk memenuhi permintaan," tambahnya.

Laut dalam juga kaya akan kobalt, besi, mangan, platina, nikel, emas dan tembaga di atas beberapa mineral dimiliki bumi yang dapat ditemukan pada tingkat kedalaman seribu meter. Negara-negara seperti China dan India telah mulai mengeksplorasi apa yang ditawarkan laut mereka. Para ahli sepakat bahwa penelitian menyeluruh harus dilakukan untuk mengevaluasi apakah trade off bernilai risikonya atau tidak.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==