Gempa Hari ini: Idaho Diguncang Gempa Berkekuatan 5,2 SR

Gempa Hari ini: Idaho Diguncang Gempa Berkekuatan 5,2 SR
Titik warna oranye dan merah merupakan titik gempa yang menggoyang Idaho. 
(Foto: Idaho State Journal)


ViralNetTV.com - Gempa berkekuatan 5,2 skala Richter (SR) telah melanda Idaho, Amerika Serikat (AS), yang berada di dekat perbatasan negara bagian Wyoming, sekira 28 km sebelah timur Soda Springs, AS. 

Tidak hanya berhenti dengan gempa tersebut, 6 gempa susulan lainnya juga mennggoyang area daerah yang berpenduduk sekira 3.000 orang tersebut.

Menurut laporan yang dilansir ViralNetTV dari RT, Minggu (3/9/2017), gempa bumi tersebut mengguncang Idaho pada Sabtu 2 September sebelum pukul 18.00 waktu setempat. Diketahui, pusat gempa tersebut berada 11 mil sebelah timur Soda Springs.


Beberapa gempa susulan yang menghampiri daerah tersebut diketahui berkekuatan dari 3,1 hingga 4,1 skala Richter pada 20.14 malam waktu setempat. 

Diketahui gempa susulan mengguncang selama enam kali setelah gempa awal.

Belum diketahui apakah gempa tersebut menyebabkan kerusakan atau korban luka, namun berdasarkan laporan, ada beberapa panggilan dan pesan dari orang-orang yang merasakan guncangan dari gempa tersebut  hingga ke utara Utah di Logan, Ogden, Salt Lake City, Draper, dan Provo.

Sekadar diketahui, Idaho terbilang jarang terkena guncangan gempa bumi dibandingkan Los Angeles dan selatan California yang tercatat setahun terakhir mengalami gempa sebanyak 3.000 kali. Padahal, letak Idaho terbilang dekat dengan supervulkan yang berada di Taman Nasional Yellowstone. 

Sementara itu, Soda Springs terletak sekira 265 km dari pintu masuk ke Taman Nasional Yellowstone.



Selain itu menurut beberapa laporan, sekira 1.000 sampai 3.000 gempa terjadi setiap tahun di daerah Yellowstone namun sebagian besar tidak dirasakan. Aktivitas seismik ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk meningkatnya magma dan pergerakan air tanah panas di bawah Yellowstone.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==