Gempa Hari Ini: Jumlah Korban Gempa Meksiko Bertambah Menjadi 60 Orang

Bangunan yang hancur akibat gempa yang melanda pantai selatan Meksiko pada Kamis malam terlihat di sebuah jalan di Juchitan, Meksiko, 8 September 2017. (Foto: Reuters)


ViralNetTV.com - Sedikitnya 60 orang telah dikonfirmasi tewas dalam sebuah gempa besar melanda Meksiko selatan pada Kamis malam, gubernur Oaxaca mengatakan pada hari Jumat.

Seperti dilansir ViralNet dari VoaNews, pihak berwenang mengatakan jumlah korban tewas kemungkinan besar akan terus meningkat.

Jumlah Korban Gempa Meksiko Bertambah Menjadi 60 Orang
Pasien dan anggota keluarga terlihat di luar Institut Jaminan Sosial dan Pelayanan untuk Pekerja Negara (ISSSTE) setelah sebuah gempa melanda pantai selatan Meksiko akhir Kamis, di Puebla, Meksiko, 8 September 2017. (Foto: Reuters)


Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengatakan bahwa gempa tersebut terjadi lebih besar dari gempa 1985 di negara yang menewaskan ribuan orang. Dalam sebuah pidato di televisi pada hari Jumat malam, dia mengumumkan tiga hari berkabung nasional dan berjanji bahwa pemerintah akan membantu membangun kembali.



Jumlah Korban Gempa Meksiko Bertambah Menjadi 60 Orang
Tentara membersihkan puing-puing dari bangunan kota yang sebagian ambruk yang digoyang oleh gempa besar di Juchitan, negara bagian Oaxaca, Meksiko, 8 September 2017.


"Kekuatan gempa ini sangat menghancurkan," kata Pena Nieto, namun Dia menambahkan bahwa respons Pemerintah Meksiko akan lebih besar pula.

Gempa berkekuatan 8,2 skala richter melanda pantai Pasifik selatan itu terjadi sebelum tengah malam Kamis, sekitar 100 kilometer dari kota Tonala. 

Ini adalah gempa terbesar yang pernah dialami negara tersebut dalam lebih dari 100 tahun, kata presiden Meksiko.

Gempa tersebut memicu tsunami setinggi 1 meter, menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, namun tidak ada laporan segera mengenai kerusakan akibat tsunami.

Gempa tersebut dirasakan sejauh Mexico City dan Guatemala City. Penduduk ibukota Meksiko melarikan diri ke jalanan karena takut bangunan yang akan runtuh.

Jumlah Korban Gempa Meksiko Bertambah Menjadi 60 Orang
Orang-orang berkumpul di sebuah jalan setelah gempa melanda Mexico City, Meksiko, 8 September 2017. Foto: Reuters

"Saya tidak pernah berada di manapun di mana bumi bergerak begitu banyak. Awalnya saya tertawa, tapi ketika lampu padam, saya tidak tahu harus berbuat apa," kata Luis Carlos Briceno, seorang arsitek, yang sedang mengunjungi Mexico City. "Saya hampir terjatuh."


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==