Hati-Hati, Ini 5 Dampak Negatif Keseringan Main Facebook



SandalSemut | Facebook memiliki lebih dari 115 juta pengguna di Indonesia. Artinya, cukup banyak orang indonesia yang memiliki akun Facebook.

Orang Indonesia pun dikenal ramah saat menggunakan Facebook. Data Facebook Indonesia mengungkap jumlah pertemanan orang indonesia di Facebook cukup tinggi, di mana mereka punya teman dua kali lipat dibandingkan pertemanan pengguna di dunia.

Selain itu, orang Indonesia juga gemar mengunggah sesuatu di Facebook dengan jumlah unggahan tiga kali lipat dibanding pengguna lainnya. Komentar yang diunggah pun tiga kali lipat dibanding pengguna lainnya.

Dengan kata lain, pengguna Facebook di Indonesia terbilang aktif menghabiskan waktunya di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Tapi tahukah kamu, keseringan utama Facebook juga memberi dampak buruk. Berikut lima (5) dampak negatif Facebook menyerah Tekno Liputan6.com dari Tech Faq, Rabu (4/10/2017).

1. Informasi Pribadi Mudah Diketahui Pencari Tenaga Kerja

Tak sedikit pengguna Facebook yang terbiasa mengunggah berbagai hal di Facebook, termasuk informasi pribadi. Tahukah kamu informasi ini bisa digunakan oleh pencari tenaga kerja (recruitment). Bahkan atasan kantor bisa menilai kepantasan kamu sebagai karyawan.

Hati-hati jika ada foto yang tak pantas dilihat. Hal tersebut bisa membuat penilaian terhadap kamu negatif. Untuk itu jawab selalu menerapkan pengaturan privasi yang sedang di Facebook.

Biasanya bos akan menyukai gerak gerik tertentu.

Potensi Perselingkuhan

2. Potensi Perselingkuhan

Pengguna pasti tahu mudah untuk terkoneksi dengan orang yang dikenal lewat akun Facebook, termasuk dengan mantan kekasih. Hati-hati, kontak dengan mantan kekasih buat hubungan yang dulu pernah bersemi kembali atau CLBK.

Jika tak ingin halitu terjadi, pastikan kamu banyak hal yang berhubungan dengan mantan kekasih. Apalagi kalau sekarang kamu dan mantan kekasih sudah memiliki pasangan masing-masing.


Ingin tahu tipe orang seperti apa yang tidak selingkuh? Simak ini. (iStockphoto)
3. Ketagihan Main Gim Online di Facebok

Facebook tidak hanya bisa dipakai untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman, tapi juga untuk bermain banyak gim online. Nah, untuk kamu yang gemar main gim online di Facebook jangan sampai ketagihan.

Ilustrasi: Gim GTA

Stres Berat dan Depresi

4. Stres Berat dan Depresi

Saat pengguna terlalu banyak menghabiskan waktu di Facebook mereka lebih sering melihat unggahan milik orang lain.

Alih-alih menyenangkan, tak jarang unggahan orang lain yang membuat sifat cemburu untuk membandingkan kehidupan pribadinya dengan orang lain. Tentunya hal ini bisa menyebabkan stres berat dan depresi.


Facebook ternyata bisa menyebabkan depresi (Ilustrasi)
5. Mempengaruhi Pertemanan di Dunia Nyata

Orang yang keseringan menghabiskan waktunya di Facebook lebih sering berinteraksi dengan sesama pengguna Facebook. Dengan demikian, pada titik tertentu mereka berhenti berinteraksi dengan banyak orang yang ada di dunia nyata dan memilih terus terhubung dengan sesama pengguna Facebook.

Kecanduan sudah dibuat pengguna lebih sering berbalas komentar dengan telepon atau mengobrol dengan orang yang ada di sekitarnya. Tentunya hal ini bisa merusak hubungan, bahkan terhadap perselisihan.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==