Update Android 8.0 Oreo Untuk Xiaomi Mi A1 Bawa Dukungan Teknologi Fast Charging

Xiaomi menghadirkan Mi 5X untuk pasar di luar Tiongkok sebagai Xiaomi Mi A1, yang bekerjasama dengan Google dalam program Android One. Hal ini tidak membuat penggemar Xiaomi kecewa, malah banyak pengguna di luar sana yang sangat menerima ketika Xiaomi memutuskan menghadirkan Mi A1 sebagai perangkat Android One tanpa menjalankan MIUI, dan smartphone ini merupakan salah satu yang terbaik di rentang harganya.


Selama peluncuran Mi A1, Xiaomi telah berjanji akan segera meluncurkan update Android Oreo untuk perangkat tersebut dalam waktu dekat. Setelah mencari penguji beta untuk update tersebut, Xiaomi mulai meluncurkan update Android Oreo untuk Mi A1 untuk beberapa pengguna yang terpilih.

Sementara update memperkenalkan beberapa fitur baru pada perangkat seperti mode picture-in-picture, Autofill API, smart text selection, notification dots, dan lain-lain. Kabar baiknya, ada fitur baru yang ditambahkan pada fitur tersebut, yakni fitur fast charging.


Sebagian besar perangkat Xiaomi memang tidak memiliki dukungan untuk teknologi Quick Charge Qualcomm meskipun perangkat hardware yang diusung cukup mampu untuk menangani fitur tersebut. Hal tersebut tentu bisa ditebak, yakni karena Xiaomi tidak membayar biaya lisensi ke Qualcomm untuk menggunakan fitur Quick Charging pada perangkatnya, yang pada dasarnya agar bisa menekan harga jual perangkatnya. Namun tampaknya Xiaomi kali ini cukup melunak, setidaknya untuk Mi A1 yang laris manis di pasaran.

Menurut laporan TelecomTalk, yang telah menguji update Android 8.0 Oreo di Mi A1, update tersebut membawa dukungan untuk fitur fast charging, dimana hanya butuh waktu 1 jam 32 menit untuk mengisi daya baterai 3080mAh pada Mi A1. Sedangkan sebelum mendapatkan fitur ini, perangkat membutuhkan setidaknya 2 jam lebih untuk mengisi penuh kapasitas baterainya.

Namun perlu dicatat bahwa pengujian tersebut menggunakan charger milik OnePlus, yakni Dash Charge, bukan charger bawaan Xiaomi. Jadi belum bisa dipastikan apakah fitur fast charging ini juga akan bekerja saat menggunakan charger bawaah Xiaomi. Untuk lebih jelasnya, kita nantikan saja hingga update Android 8.0 Oreo untuk Mi A1 bergulir secara umum.